Pekan Depan Ribuan Warga Mataram Dapat Bantuan Pangan Beras

MATARAM – Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadwalkan pembagian bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Januari 2024 pada pekan depan untuk 38.203 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Pembagian CBP pertama di tahun 2024 akan kami seremonialkan pada Senin (5/2) di Lapangan Sangkareang kepada enam perwakilan KPM dari enam kecamatan se-Kota Mataram,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Mataram H Lalu Johari di Mataram, Selasa.

Dalam kegiatan seremonial tersebut, katanya, kuota CBP yang akan dikirim ke enam kecamatan akan disiagakan di Lapangan Sangkareang dan dilakukan pelepasan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram.

“Selain itu dilakukan penyerahan bantuan beras CBP secara simbolis kepada enam KPM perwakilan dari enam kecamatan,” katanya.

Ia mengatakan pembagian CPB Januari 2024 pekan depan memang sedikit terlambat, sebab seharusnya jatah Januari dibagi pada bulan yang sama.

Hanya saja, lanjutnya, pembagian bantuan pangan CBP Januari tertunda karena adanya verifikasi data penerima yang dilakukan oleh Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), yang kemudian dikembalikan ke DKP untuk dilanjutkan ke Bulog NTB.

“Itulah yang menjadi salah satu kendala kami, sehingga pembagian CBP bulan Januari sedikit terlambat,” katanya.

Sebelum bantuan pangan CBP diserahkan secara simbolis 5 Februari 2024, lanjut Johari, tim dari DKP akan turun ke dua gudang Bulog untuk melakukan pengecekan stok dan kualitas CBO pada 1 Februari 2024. 

Pengecekan beras ke gudang Bulog, kata dia, dilakukan untuk memastikan stok CBP mencukupi, kualitas bagus, dan volume per kantong sesuai yakni 10 kilogram. 

“Alhamdulillah, penyaluran CBP selama ini lancar dan belum ada pengembalian dari KPM. Kecuali pada penyaluran tahap pertama tahun 2023, ada beberapa KPM mengembalikan karena kemasan rusak tapi langsung diganti,” katanya.

Sementara menyinggung tentang jumlah sasaran KPM penerima beras CBP, Johari menyebutkan total KPM pada Januari 2024 sebanyak 38.203 KPM atau naik 1.142 KPM dibandingkan tahun 2023 dengan sasaran 37.061 KPM.

“Dengan adanya tambahan sasaran KPM itu, maka jumlah beras yang akan didistribusikan ke Kota Mataram untuk Januari 2024 sebanyak 382.030 ton dari 370.610 ton pada penyaluran Desember 2023,” katanya.(antara)

 

 

 

 

Related posts