Bimtek Penginputan Rencana Umum Pengadaan pada Aplikasi Sirup

MATARAM – Sekretaris Daerah Kota Mataram, L. Alwan Basri, hadir dan membuka acara Bimbingan Teknis Penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang dan Jasa ke dalam Aplikasi Sirup Tahun Anggaran 2024.

Acara berlangsung di Ballroom Hotel Lombok Plaza, Cakranegara, Kota Mataram, pada hari Kamis.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah Kota Mataram.

Kegiatan diikuti oleh 47 peserta terdiri atas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan/atau Administrator Sirup dari seluruh Perangkat Daerah di Kota Mataram yang bertugas untuk menginput rencana umum pengadaan perangkat daerah ke dalam aplikasi SIRUP.

Narasumber dan instruktur berasal dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTB serta para JF PPBJ dari UKPBJ Kota Mataram.

“Bimtek Penginputan RUP ke dalam aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup) bertujuan untuk mempercepat perencanaan agar pelaksanaan pengadaan barang dan jasa melalui sistem pengadaan secara elektronik dapat terlaksana sesuai target,” kata Alwan Basri.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada penginputan RUP adalah keterlambatan penginputan data RUP ke dalam SIRUP. Hal ini disebabkan oleh lambatnya jaringan server aplikasi SIRUP dari LKPP akibat terlalu banyak akses yang masuk secara bersamaan.

Selain itu, beberapa Admin Sirup dari Perangkat Daerah kurang komunikatif untuk menyelesaikan permasalahan penginputan yang dihadapi kepada pendamping yang ada di UKPBJ Kota Mataram.

Diharapkan melalui kegiatan bimtek ini, terjalin kerjasama yang baik antara admin Perangkat Daerah dengan pendamping di UKPBJ Kota Mataram. Kerjasama ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan dengan lebih efektif dan cepat. (hms)

Related posts