Wisata ke Lombok Naik Kapal, Sehari Semalam di Gili Trawangan dan ke Sirkuit Mandalika

Wisata ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, sekarang sedang booming. Jumlah kunjungan wisatawan, baik wisnu maupun wisman, terus bertambah.

Memenuhi kebutuhan wisatawan ke Lombok, Edenia Tour & Travel (unit usaha media online lombokraya.com) menawarkan berwisata ke Lombok menggunakan kapal laut, yaitu KM Kirana VII milik PT Dharma Lautan Utama.

Wisata naik Kirana VII berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) tujuan Pelabuhan Lembar (Lombok Barat).

Kirana VII yang dilaunching 2021 di Bali ini memang dirancang PT Dharma Lautan Utama sebagai semi kapal pesiar. Banyak fasilitas yang memanjakan penumpang. Di antaranya tempat tidur yang nyaman, toilet yang banyak dan bersih, musala kapasitas besar, ruang medis, bar, gym dan live music dua session di mana wisatawan bisa menyanyi solo atau duet dengan penyanyi.

Bagi yang belum pernah bepergian naik kapal laut dalam waktu lama, ini adalah kesempatan membuktikan sebagai keturunan “nenek moyangku orang laut.”

Yang menarik adalah dek lantai 3 yang didesain sebagai anjungan untuk melihat pemandangan laut, lumba-lumba, Jembatan Suramadu, PLTU Paiton dan Gunung Agung. Di dek ini tersedia round table lengkap dengan tenda payung, tempat tidur jemur dan mainan anak-anak. Dari dek ini penumpang bisa menikmati sunrise.

Edenian Tour menawarkan paket perjalanan 3 hari 2 malam. Perhitungan ini di luar perjalanan kapal dari Tanjung Perak ke Lembar atau sebaliknya.

Pada H1 KM Kirana merapat di Pelabuhan Lembar, pk. 18.00 WITA. Wisatawan dijemput di pelabuhan. Selanjutnya kulineran khas Lombok dan istirahat.

Esoknya, seusai sarapan, wisatawan berangkat ke Gili Trawangan melalui Dermaga Bangsal, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. Menggunakan public boat. Membutuhkan waktu 30 menit wisatawan sudah sampai di Gili Trawangan. Istirahat sejenak lalu dilanjutkan mengeksplore keindahan pantai Gili Trawangan atau sekadar jalan-jalan berinteraksi dengan bule dari mancanegara.

Adapun bagi peserta snorkeling dianjurkan pada sesi pk 10.00 WITA (jadwal satunya pk 13.00 WITA). Waktu untuk snorkeling empat jam. Biaya sewa alat snorkeling antara Rp 150.000 sampai Rp 200.000/orang sudah termasuk guide dan boat. Selain snorkeling juga mengunjungi Gili Meno dan habitat penyu.  

Biaya sewa alat snorkeling di luar biaya paket.

Sore hari wisatawan bisa menikmati matahari tenggelam (sunset) di sepanjang pantai Gili Trawangan. Besok pagi, setelah menikmati sunrise dan sarapan, wisatawan kembali ke Dermaga Bangsal dan melanjutkan perjalanan.

Pada hari ketiga ini, setelah seharian bergaul dengan pantai dan laut, pertama-tama wisatawan diajak berkunjung ke pusat oleh-oleh lalu ke Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu di Desa Setiling, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Dinamai benang stokel dan kelambu karena juntaian airnya mirip segumpal benang dan percikan airnya persis kelambu putih.

Puas dengan air terjun wisatawan diajak berkunjung ke kampung adat dan tenun Desa Sade. Di desa ini bisa melihat langsung cara membuat tenun dan berfoto dengan latar belakang bale, rumah adat suku Sasak. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Sirkuit Mandalika, Pantai Kuta, Bukit Seger dan ditutup di Tanjung Aan.

Di Tanjung Aan ini, wisatawan menikmati sunrise dan pasir pantainya yang putih dan lembut sambil makan malam, setelahnya melanjutkan ke Pelabuhan Lembar dan pk 20.00 WITA kapal berlayar ke Surabaya.

Informasi lebih lanjut paket wisata ini hubungi Edenia Tour & Travel: 087863802834 (Santoso).

 

 

 

 

Related posts