Griya Kreatif Private Sidoarjo Launching Abon Tongkol untuk Anak-anak Produksi UMKM Lombok Barat

SIDOARJO – Ikan tongkol (Euthynnus affinis) mengandung kandungan gizi yang tinggi, karena itu cukup bagus untuk dikonsumsi, khususnya untuk anak-anak.

Di dalam 1 porsi ikan tongkol sebanyak 100 gram mengandung nutrisi air 74,03 g, energi 109 kalori (Kal), protein 24,4 g, lemak 0,49 g, kalsium 4 mg, zat besi 0,77 miligram (mg), magnesium 35 mg.

Ikan tongkol juga mengandung fosfor 278 mg, kalium 441 mg, natrium 45 mg, seng 0,37 mg, selenium 90,6 mcg dan niacin 18,4 mg.

Ikut memenuhi gizi anak-anak, Griya Kreatif Private, Sidoarjo, Jawa Timur, bekerjasama dengan Berkah Bumi Lombok (Lombok Barat, NTB) memproduksi abon ikan tongkol untuk anak-anak.

“Anak-anak di masa pertumbuhan membutuhkan asupan gizi berupa protein dari ikan-ikanan. Itulah yang mendorong kami untuk ikut berpartisipasi memenuhi kebutuhan anak-anak atas ikan,” kata Windayati, founder Griya Kreatif Private yang berlokasi di Desa Wage, Kec. Taman, Sidoarjo.

Winda menambahkan, abon anak-anak ikan tongkol ini juga ikut mendukung program Gerakan Makan Ikan yang sudah lama dicanangkan Pemerintah Indonesia.

Griya Kreatif Private menjual abon ikang tongkol untuk anak-anak dengan merek Retta’s dan dalam dua kemasan, yaitu kemasan toples 100 gram dan kemasan pouch 25 gram.

Selain untuk masyarakat umum, saat ini Griya Kreatif Private menjajaki kerjasama dengan sejumlah PAUD, TK dan SD di Sidoarjo.

“Harapan kami bukan hanya Sidoarjo, tapi seluruh Jawa Timur,” kata alumni Unair yang kini sedang menyelesaikan S2 kewirausahaan di Universitas Ciputra Surabaya ini.

Berkah Bumi Lombok (BBL) adalah UMKM yang berlokasi di Desa Sandik, Kec. Batulayar, Kab. Lombok Barat. Desa Sandik masih berada satu kawasan dengan pusat nelayan di Batulayar atau jalur menuju Senggigi. BBL mendapat pasokan ikan segar langsung dari nelayan.

Abon ikan tongkol produksi BBL sudah mempunyai NIB dan PIRT, sedangkan sertifikat halal masih dalam proses pengurusan. BBL mendapat pembinaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM NTB dan bimbingan dari Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Satker Mataram.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi no HP/WA: 085100975150. (bud)

Related posts